Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Anis Merah yang Tepat Supaya Cepat Bunyi, Paling Ampuh!

 

7 Cara Merawat Anis Merah yang Tepat Supaya Cepat Bunyi, Paling Ampuh!

7 Cara Merawat Anis Merah yang Tepat Supaya Cepat Bunyi, Paling Ampuh!


Masteranismerah.my.id - Burung Anis Merah bisa rajin berkicau dan cepat bunyi, jika Anda merawatnya dengan tepat, berkelanjutan, dan juga benar. Trik terjitu untuk menghasilkan burung Anis Merah yang cepat bunyi bergantung dari cara Anda merawat burung tersebut dengan baik.


Cara Merawat Anis Merah Agar Cepat Berbunyi

Berikut ini beberapa cara untuk merawat burung Anis Merah supaya cepat bunyi:

1. Sangkar Full Kerodong

Memberikan sangkar full kerodong untuk burung Anis Merah membuatnya merasa nyaman dana aman ketika berada di area yang tidak memadai. Contohnya lingkungan jalan yang sempit, terlalu ramai aktifitas manusia, atau banyak hewan liar yang sering lewat.

Cara merawat burung Anis Merah menggunakan sangkar full kerodong yang efektif bisa Anda lakukan selama 4-5 hari, supaya cepat bunyi. Selebihnya, Anda lepaskan kerodong dari sangkar burung dan lakukan cara perawatan yang lain.


2. Kroto dan Mandi Malam

Kroto dapat membantu mempercepat proses burung Anis Merah untuk berkicau. Pakan berbentuk telur semut rangrang ini dapat Anda berikan pada malam atau sore hari. Tepatnya setelah Anda memandikan burung tersebut pada malam hari.


Baca Juga: Cara Melatih Burung Anis Merah Mandi Keramba


3. Rutin Mengganti Pakan Burung

Cara merawat burung Anis Merah supaya cepat bunyi, sebaiknya Anda mengganti voer lama dengan voer yang baru. Proses penggantian pakan bisa Anda lakukan secara rutin, yaitu dua hari sekali. Pakan yang Anda berikan sebaiknya mengandung kada protein 12-18%.

Pemberian pakan burung Anis Merah sebaiknya bervariatif. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan burung tersebut akan karbohidrat, protein, mineral, dan juga vitamin bisa tercukupi. 

Selain itu, Anda juga harus memberikan buah segar setiap hari untuk burung Anis Merah, seperti apel, pisang, atau papaya.


Baca Juga: Makanan Anis Merah Biar cepat Gacor

 

4. Jaga Kebersihan Sangkar

Cara merawat burung Anis Merah agar cepat bunyi dan berkualitas tinggi bergantung pada kebersihan sangkarnya. Bersihkan sangkar setiap harinya, mulai dari membuang kotoran burung dan rutin mengganti air minum burung. Anda juga harus menggunakan air mineral atau air minum yang sudah dimasak untuk air minum burung Anis Merah.


5. Pelatihan atau Pemasteran Rutin

Anda harus rutin melakukan pelatihan atau pemasteran menggunakan suara burung Anis merah lain atau menggunakan rekaman suara burung. Pelatihan dapat Anda lakukan setiap siang hingga sore hari mulai pukul 10.00 sampai dengan 15.00.


6. Lindungi dari Hewan Pengganggu

Cara merawat burung Anis Merah supaya cepat bunyi berikutnya adalah dengan menjauhkan sangkar burung dari jangkauan hewan pengganggu. Yang termasuk hewan pengganggu seperti anjing, tikus, atau kucing. Jika burung Anis Merah sering terganggu hewan-hewan tersebut, akan mempengaruhi suara dan mental burung tersebut.


7. Letakkan Sangkar pada Tempat Nyaman

Letakkan sangkar burung Anis Merah dekat sumber angina serta jauh dari dapur ketika ada aktifitas memasak. Burung Anis Merah sangat menyukan tempat dengan hembusan angina sepoi-sepoi dan juga teduh.

Cara merawat burung Anis Merah cepat bunyi, sebaiknya Anda meletakkan sangkar di lokasi berisik namun tidak terlalu ramai. Contohnya di dekat suara radio atau televise. Cara lainnya adalah dengan meletakkan sangkar di dekat sumber air yang mengalir.


Baca Juga: Tanda Tanda Anis Merah Mau Bunyi 

 

Penutup

Nah, seperti itulah 7 cara merawat burung Anis Merah yang tepat supat cepat bunyi dan berkicau dengan nyaring serta merdu. Semoga cara-cara tersebut bisa menjadi referensi Anda dalam merawat burung Anis Merah. Jika burung Anis Merah milik Anda cepat berbunyi, Anda bisa segera mendaftarkannya untuk ikut lomba kicau burung.