Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Burung Anis Batu, Begini Ciri Keunikannya!

Mengenal Burung Anis Batu, Begini Ciri Keunikannya!

Mengenal Burung Anis Batu, Begini Ciri Keunikannya!

Masteranismerah.my.id - Burung Anis Batu atau Anis Sibrica atau Anis Siberia masuk ke dalam keluarga Turdidae yang populer mempunyai suara bervariasi dan merdu. 

Burung ini adalah burung migrasi yang cukup sering berkunjung ke wilayah hutan Indonesia. Khususnya ketika periode musim dingin hendak datang di negara asalnya. Apakah Anda sudah mengenal burung Anis Batu secara lebih dekat?

Kali ini kita akan membahas burung Anis Batu lebih detail, sehingga Anda bisa mengenal lebih dekat lagi. Negara asal burung Anis Batu sebagai tempat berkembang biak adalah Siberia, Jepang, dan Mongolia.

Ciri Khas dari Burung Anis Batu

Berikut ini beberapa ciri khas dari burung Anis Batu:

1. Tujuan Kawasan Migrasi

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, burung Anis Batu suka bermigrasi saat musim dingin hendak datang. Ada beberapa kawasan yang menjadi tujuan migrasi burung tersebut, yaitu kawasan Asia Tenggara dan negara yang tidak memiliki musim dingin.

Sebagian besar warga Indonesia pasti mengenal burung Anis Batu, karena burung ini terdapat di hutan Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Bagi Anda yang sering berwisata atau tinggal di area dekat hutan pasti akan sering melihat burung Anis Batu.

2. Habitat Burung Anis Batu

Habitan burung Anis Batu berada di kawasan pegunungan yang cukup banyak ditumbuhi pepohonan. Cara untuk saling menjaga sesamanya, umumnya burung Anis hidup dengan cara berkelompok dan bertengger di bagian tajuk sejumlah pohon hutan.

Ketika sedang mencari makanan, burung Anis Batu biasanya berada di atas tanah untuk menyingkirkan tanah dan mengais di balik daun. Hal tersebut adalah cara burung Anis Batu untuk mengenal mangsanya.


Baca juga: Makanan Burung Punglor Agar Cepat Gacor


3. Ciri Fisik

Panjang tubuh burung Anis Batu bisa mencapai 22 cm. Corak tubuh Anis Batu jantan adalah warna kehitaman agak gelap menutupi hampir seluruh tubuh dan juga paruhnya. 

Pada bagian area sisi pinggir badan dan sayapnya terlihat sedikit warna merah karat. Selain itu, pada bagian atas mata ada garis putih memanjang dan agak tebal.

Sedangkan burung Anis Batu betina memiliki corak warna cokelat berangan yang meliputi area atas tubuh. 

Corak cokelat tersebut ada di mahkota kepala, punggung, ekor, tengkuk, dan juga sayap. Di bagian sisi wajah, dada, tunggir, tenggorokan, dan perut berwarna hitam, putih, dan cokelat berbentuk corak sisik. Saat mengetahui ciri fisiknya, Anda akan lebih mengenal burung Anis Batu.


4. Suara Kicau

Suara kicau burung Anis Batu cukup bervariasi dan merdu dengan bagian tengah nada terdengar bergetar. Volume kicau burung ini tidak terlalu melengking dan tergolong sedang, sehingga tidak memekakkan telinga Anda.

Berbeda dengan anis merah, anis merah memiliki kicauan bervareasi, dengan suara kasar dan melengking jika sudah gacor dan neplong, apa bila belum ngeplong, baca caranya berikut ini.


Baca Juga : cara merawat anis merah dari trotol agar gacor


Tempo kicaun burung Anis Batu juga lumayan cepat, yaitu hanya mencapai 30 detik. Bermodalkan kicauan merdu dan bervariasi, bisa Anda manfaatkan burung ini untuk memaster burung lain. Supaya burung tersebut rajin berkicau. Sebagian besar orang juga mengenal burung Anis Batu sebagai burung rumahan.

Seperti itulah beberapa ciri khusus dari burung Anis Batu sebagai penambah wawasan Anda untuk mengenal burung tersebut lebih dekat lagi. Jika Anda sedang mencari burung untuk festival, sebaiknya tidak membeli burung yang satu ini.

Karena burung Anis Batu memiliki bunyi yang tidak begitu nyaring dan temponya juga lumayan cepat. Suaranya memang merdu, tapi saat Anda mendaftarkannya untuk mengikuti lomba pasti akan kalah dengan peserta lainnya. 

Namun, jika Anda hanya ingin memeliharanya di rumah, burung ini sangat cocok untuk menemani Anda selama berada di rumah.

Berbeda dengan burung anis merah, burung punglor yang paling populer untuk gacoan atau untuk lomba/festival, dengan ciri khas telernya,

Demikian ini tentang burung anis batu, semoga bermanfaat, simak mengenai jenis-jenis burung punglor anis selain anis batu dan anis merah di sini...