Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Burung Anis yang Perlu Anda Tahu Sebagai Kolektor Burung Kicau

 Jenis-Jenis Burung Anis - masteranismerah.my.id


Masteranismerah.my.id - Burung Anis, atau dikenal juga sebagai Burung Panglor, merupakan burung dengan genus Zoothera. Burung ini memiliki ciri khas utama pada bagian suara yang nyaring dan merdu.

 

Suaranya yang indah menjadikan Burung Anis banyak dikoleksi dan dipertandingkan oleh para peminat burung kicau.


Burung Anis yang paling terkenal adalah Burung Anis Merah. Tapi tahukah Anda, jika terdapat banyak jenis Burung Anis yang tersebar di Indonesia hingga mancanegara? Berikut jenis-jenis Burung Anis:


Jenis-Jenis Burung Anis Asli Indonesia

1.      Burung Anis Merah

Anis Merah paling banyak dikenal dari seluruh Burung Anis di Indonesia. Burung Anis Merah memiliki warna oranye pada bagian kepala, dada, hingga bagian perut. Bagian sayap dan punggungnya cenderung berwarna abu-abu gelap.


2.      Burung Anis Kembang

Anis Kembang dikenal memiliki kepala berwarna cokelat kemerahan. Bagian tubuhnya memiliki corak berbintik dan bagian sayap bercorak garis. Burung ini memiliki ukuran yang paling kecil jika dibandingkan dengan Burung Anis lainnya.


3.      Burung Anis Macan

Anis Macan banyak ditemukan pada daerah timur Indonesia. Ciri fisiknya memiliki warna yang ramai dan bervariatif dari bagian kepala, paruh, dada, hingga sayap.


4.      Burung Anis Kinabalu

Anis Kinabalu merupakan burung endemi Kalimantan. Ciri khas dari burung ini memiliki warna cokelat cerah pada bagian dada namun bagian lainnya berwarna abu-abu gelap. Selain itu, bentuk paruhnya relatif lebih panjang


5.      Burung Anis Hutan

Anis Hutan memiliki warna biru gelap dengan corak pada bagian sayap. Ekornya cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan ukuran badannya yang besar.


6.      Burung Anis Kuning

Seperti namanya, Anis Kuning memiliki kombinasi warna kuning oranye pada seluruh bagian tubuhnya. Ciri khas pada bagian bawah paruhnya pun berwarna kuning. Selain itu, pada bagian wajah terdapat corak garis putih di atas mata yang menyerupai alis.


7.      Burung Anis Enggano

Anis Enggano merupakan burung endemic di Kepulauan Mentawai. Ciri khasnya bagian kepala berwarna cokelat kemerahan dengan paruh tebal besar berwarna hitam. Bagian dada dan punggungnya hampir serupa dengan Anis Kembang.


8.      Burung Anis Sulawesi

Terdapat beberapa jenis Burung Anis di Sulawesi. Ciri khas utamanya adalah paruh tebal berwarna oranye kemerahan. Adapun jenis-jenis Burung Anis Sulawesi (spesies dan tahun penemuannya):

·         Tenebrosa Stresemann, 1938 (Sulawesi Selatan)

·         Abditiya Riley, 1918 (Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah)

·         Heinrichi Stresemann, 1938 (Timur Laut Sulawesi)

·         Turdoides Hartert, 1896 (Barat Laut Sulawesi)

 

9.      Burung Anis Seram

Anis Seram juga merupakan salah satu burung endemi Indonesia yang berasal dari Pulau Seram, Maluku. Burung ini memiliki ciri fisik punggung berwarna hitam sabak, saya putih, dan ekor dengan dominasi hitam dengan corak putih.


10. Burung Anis Tanimbar

Anis Tanimbar merupakan burung endemi dari Pulau Tanimbar, Maluku. Ciri fisiknya bagian dada berwarna putih dengan corak hitam sedangkan bagian kepala berwarna hitam pekat. Populasi Anis Tanimbar semakin langka di habitat aslinya.


Jenis-Jenis Burung Anis Mancanegara

1.      Burung Anis Siberian

Anis Siberian aslinya berasal dari garis pantai Siberia. Burung ini bermigrasi ke Indonesia pada musim dingin. Ciri fisiknya berwarna biru kecokelatan dengan motif pada seluruh bagian tubuhnya yang menjadikannya terlihat sangat cantik.


2.      Burung Anis Cendana

Anis Cendana merupakan burung endemik  dari wilayah paling timur Indonesia. Anis Cendana ditemukan di wilayah Indonesia dan Timor Leste. Adapun jenis-jenis Burung Anis Cendana:

·         Zoothera peronii audacis, 1899 (Timor Leste)

·         Zoothera peronii peronii, 1818 (Pulau Rote)


3.      Burung Anis Sisik

Anis Sisik ditemukan di Indonesia di daerah Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Burung ini berasal dari daratan Mongolia hingga Rusia. Ciri fisiknya sangat mencolok dengan corak hitam cokelat seperti sisik.


Oke sobat burung kicau, demikianlah tadi informasi mengenai jenis-jenis burung anis di indonesia dan mancanegara, selain anis merah


Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat, nah bagi kalian yang ingin  memulai hobby memelihara burung anis, terutama anis merah yang masih populer, maka kalian bisa beli di beberapa tempat, seperti dipasar atau di tempat pengepul ataubahkan kalau ada dipeternak langsung.


Sebelum kalian memutuskan untuk membeli,kalian bisa baca terlebih dahulu cara membedakan burung anis merah trotol jantan atau betina berikut ini